Kamis, 29 November 2012

CABANG CABANG ILMU PSIKOLOGI



 
CABANG-CABANG PSIKOLOGI

1.Psikologi Perkembangan
:Adalah bidang studi psikologi yang mempelajari perkembangan manusiadan faktor-faktor yang membentuk prilaku seseorang sejak lahir sampai lanjut usia.Psikologi perkembangan berkaitan erat dengan psikologi sosial, karena sebagian besar perkembangan terjadi dalam konteks adanya interaksi sosial. Dan juga berkaitan erat dengan psikologi kepribadian, karena perkembangan individu dapatmembentuk kepribadian khas dari individu tersebut.

2.Psikologi Pendidikan
Adalah perkembangan dari psikologi perkembangan dan psikologi sosial,sehingga hampir sebagian besar teori-teori dalam psikologi perkembangan dan psikologi sosial digunakan di psikologi pendidikan. Psikologi pendidikanmempelajari bagaimana manusia belajar dalam setting pendidikan, keefektifansebuah pengajaran, cara mengajar, dan pengelolaan organisasi sekolah.


3.Psikologi Klinis
Adalah bidang studi psikologi dan juga penerapan psikologi dalammemahami, mencegah dan memulihkan keadaan psikologis individu ke ambangnormal.

4.Psikologi Industri dan Organisasi
Memfokuskan pada menggembangan, mengevaluasi dan memprediksikinerja suatu pekerjaan yang dikerjakan oleh individu, sedangkan psikologiorganisasi mempelajari bagaimana suatu organisasi memengaruhi dan berinteraksidengan anggota-anggotanya.

5.Psikologi Sosial
Mempunyai 3 ruang lingkup, yaitu :1. Studi tentang pengaruh sosial terhadap proses individu, misalnya : studitentangpersepsi, motivasi proses belajar, atribusi (sifat)2. Studi tentang proses-proses individual bersama, seperti bahasa, sikapsosial, perilaku meniru dan lain-lain


0 komentar:

Posting Komentar